Review Jujur Daihatsu Rocky vs Toyota Raize 2021 Yang Perlu Kamu Ketahui

Selamat datang kembali di daihatsurocky-id.com ya sahabat. Kali ini kami akan membahas perbandingan antara dua mobil yang memang cukup sering terjadi. Antar 2 merek besar di Indonesia yaitu Daihatsu Rocky vs Toyota Raize. Walaupun pada dasarnya, kedua merek ini adalah dalam satu nauangan yang sama di dalam Toyota Group, dan di Indonesia juga dipasarkan oleh ATPM dari bendera yang sama yaitu Group Astra, namun tetap saja keduanya memiliki ciri khas masing-masing yang akan kami jelaskan dalam tulisan kali ini. Walaupun ini ditulis di daihatsurocky-id.com tapi kami menjamin akan memaparkan segamblang dan sejujur mungkin loh, jadi gak akan berat sebelah. Ok silakan menyimak ya sahabat.

Kolaborasi Daihatsu & Toyota

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu sudah sering terjadi di negara tercinta kita ini, dan untuk kelima kalinya kembali hadir dengan dua mobil barunya. Setelah duo Avanza – Xenia, Rush – Terios, Agya – Ayla, Calya – Sigra, kini dua mobil baru Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Bedanya kali ini, Raize dan Rocky lahirnya bukan di Indonesia loh sahabat. Raize dan Rocky pertama kali di perkenalkan di negara asalnya sendiri yaitu Jepang. Jadi produk yang lahir secara kembar di jepang lalu diadopsi oleh pabrikan di negri kita.

Kehadiran keduanya terbukti menyedot minat konsumen Tanah Air. Desain eksterior yang atraktif menjadi modal, selain dilengkapi ragam fitur mutakhir. Banderolnya bermain di harga Rp 180 jutaan saat harga PPNBM 100% Free, tapi sudah dilengkapi peranti keselamatan premium. Jadi pada tulisan ini kita akan bahas perbandingan Daihatsu Rocky vs Toyota Raize secara lebih mendalam.

Daihatsu Rocky dan Toyota Raize merupakan Subcompact crossover SUV (B-segment)

Seri A200 / A250 Daihatsu Rocky adalah subcompact crossover SUV yang diproduksi oleh Daihatsu. Mobil ini diresmikan di Tokyo Motor Show ke-46 pada 23 Oktober 2019 dengan nama “New Compact SUV”. Dua mobil ini menggantikan Be‣go di pasar Jepang dan mulai dijual pada 5 November 2019. Daihatsu Rocky juga direbadged dan dijual dengan merek Toyota sebagai Toyota Raize ( Jepang: Toyota Raizu ).

Di luar Jepang, Daihatsu Rocky diproduksi dan dijual di Malaysia dengan merek Perodua sebagai Perodua Ativa sejak Februari 2021. Rocky juga dirakit dan dijual di Indonesia bersama Raize sejak April 2021 dengan sekitar 70 persen kandungan suku cadang lokal dan rencananya akan diekspor (sebagai Toyota Raize) di 50 negara mulai Agustus 2021. Daihatsu menginvestasikan Rp 1,7 triliun untuk peralatan produksi ke pabrik perakitan Karawang di Indonesia . Daihatsu Rocky diresmikan pada tanggal 28 April dan diluncurkan secara lokal bersama dengan Toyota Raize pada tanggal 30 April 2021.

Gambaran Umum Daihatsu Rocky

Desain Daihatsu Rocky pertama kali ditampilkan dengan konsep DN Trec pada tahun 2017. Dibangun di atas platform DNGA-A Daihatsu , dan pengembangannya dipimpin oleh chief engineer Daihatsu Nobuhiko Ono. Nama Rocky sebelumnya digunakan untuk dua mobil yang berbeda ( F300 dan F70 seri) ladder frame berbasis model SUV, dan nama ini digunakan kembali setelah absen selama 17 tahun. Rocky seri A200 hanya tersedia di Jepang, dengan model yang diproduksi di Indonesia ditetapkan sebagai seri A250.

Rocky didukung oleh dua pilihan mesin bensin tiga silinder : unit 1KR-VET 1,0 liter (996 cc) turbocharged yang menghasilkan 72 kW (97 hp; 98 PS) dan torsi 140 N⋅m (100 lb⋅ft), dan unit WA-VE 1,2 liter (1.198 cc) naturally-aspirated yang menghasilkan torsi 65 kW (87 hp; 88 PS) dan 113 N⋅m (83 lb⋅ft). Pilihan mesin terakhir (1,2 liter) hanya tersedia di Indonesia. Kedua mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual 5- percepatan (khusus Indonesia) atau “Dual-Mode CVT ” (D-CVT).

Di D-CVT, tidak seperti unit tradisional, transmisi tidak hanya mengandalkan belt drive, tetapi juga menggabungkannya dengan split gears. Dari kecepatan rendah hingga sedang, D-CVT berfungsi seperti sistem CVT lainnya, sementara pada kecepatan yang lebih tinggi, D-CVT beralih ke mode split, mengaktifkan penggerak roda gigi untuk mengurangi kehilangan energi. Daihatsu mengklaim D-CVT adalah sistem CVT split-gear pertama di dunia dan akan mencapai peningkatan efisiensi bahan bakar, rasa akselerasi dan ketenangan.

Di Jepang, Rocky ditawarkan dalam level grade L, X, G dan Premium, dengan opsi penggerak empat roda tersedia untuk setiap level grade. Dengan lebar di bawah 1,7 meter (66,9 in), Daihatsu Rocky spesifikasi Jepang mematuhi peraturan dimensi pemerintah Jepang mengenai mobil kompak yang mengurangi kewajiban pajak.

Di Indonesia, Rocky ditawarkan dalam level grade M, X dan R dengan transmisi manual atau CVT. Grade M dan X ditenagai oleh mesin WA-VE 1.2 liter , sedangkan grade R ditenagai oleh mesin 1KR-VET 1.0 liter . Paket Astra Daihatsu Styling (ADS) dan sistem bantuan pengemudi Advanced Safety Assist (ASA) juga tersedia sebagai opsi. Model 1,2 liter telah tersedia sejak Juni 2021.

Gambaran Umum Toyota Raize

Di Jepang, Raize menggantikan seri J200 Rush. Nama “Raize” berasal dari kombinasi kata “rise” dan “raise”, yang menurut Toyota berarti “mobil aktif yang memberi energi pada kehidupan sehari-hari”. Sebagian besar bentuk Raize identik dengan Rocky, dibedakan dengan tampilan depan yang mengadopsi tampilan korporat Toyota. Kendaraan ini di jepang ditawarkan dalam tingkat kelas X, X”S”, G dan Z, dengan masing-masing kelas memiliki opsi penggerak empat roda.

Di Indonesia, Raize ditawarkan dalam level grade G dan GR Sport . Grade G ditenagai oleh mesin WA-VE 1,2 liter atau 1KR-VET 1,0 liter yang dikawinkan dengan transmisi manual atau CVT, sedangkan grade GR Sport hanya ditawarkan dengan opsi mesin terakhir yang dikawinkan dengan CVT dan juga tersedia dengan ASA (dipasarkan sebagai TSS/Toyota Safety Sense) sebagai pilihan.

Keamanan Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Untuk membandingkan safety Daihatsu Rocky vs Toyota Raize , kita akan list masing-masing fitur keamanan kedua mobil ini. Dan memberikan hasil akhir penilainannya.

JNCAP (ja) scores[29]
Overall stars5 Stars
Collision safety performance85.7/100.0
Preventive safety performance73.6/141.0

Jadi dalam hal safety baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize mendapatkan hasil uji tabrak yang sama dengan bintang penu 5 bintang.

SafetyDaihatsu RockyToyota Raize
Pre Collision Warningadaada
Pre Collision Brakingada
Pedal Misoperation Controladaada
Front Departure Alertadaada
Lane Departure Warningadaada
Lane Departure Preventionadaada
Adaptive Cruise Controlada
Rcta Bsmada
Airbag26
Vehicle Stability Control (Vsc)adaada
Hill Start Assist (Hsa)adaada
JNCAP85.7/100.085.7/100.0
Score Safety :810
 Safety
Daihatsu Rocky9
Toyota Raize10 «

Ternyata hasil perbandingan safety feature Daihatsu Rocky vs Toyota Raize secara tipis diungguli oleh Toyota Raize.

Interior Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Untuk Interior, baik Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize mempunya kesan desain yang serupa tapi tak sama. Bagaimanakah pebedaan detail interior Daihatsu Rocky vs Toyota Raize ? Simak tabel berikut ini

InteriorDaihatsu RockyToyota Raize
Auto ACada
Smart Entry with Push Start Buttonadaada
Interactive 9’ Head Unitadaada
Apple CarPlayada
Android Autoada
Digital Meter Clusteradaada
Tilt Steeringadaada
Phone & Audio Steering Switchadaada
Exclusive Leather Steering ada
Power Mode Switch ada
Perceptive Auto Headlight ada
Convenient Paddle Shift ada
Front Soft Pad Armrest ada
1st Row Phone Chargerada 
8″ Active Subwoofer (Ads)ada (ADS Only)
4 Speakers And 2 Tweeterada 
Rear Parking Cameraada 
Back Sonarada 
SeatNew Sporty Seat DesignFabric & Leather Combi Seat

Exterior Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Untuk sisi Exterior yang paling keliatan berbeda adalah tampak depannya. Masing masing membawa garis desain masing-masing merk. Daihatsu dengan grill yang tidak terlalu besar dan membuka ke atas, sedangkan Toyota mempertahankan garis desain keen look nya yang membuka ke bawah. Nah untuk lebih jelasnya simak perbandingan eksterior Daihatsu Rocky vs Toyota Raize di bawah ini :

Exterior  Daihatsu RockyToyota Raize
Two Toneadaada
Illuminating Headlampadaada
Sequential Turn Lampada
LED Rear Combi Lampadaada
Auto Retractable Mirroradaada
Wheels17″ Polished Alloy Wheel17′ Black Wheels
Shark Fin Antennaadaada
Rear Spoiler with LED High Mount Stop Lamp (HMSL)adaada

Storage & Luggage Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

 Daihatsu RockyToyota Raize
Front Console Storage  
2 Stage Luggage Board  
Folded Cup Holder  
Spacious Luggage Room (369 L)  
Front Console Box  
Door Pocket Bottle Holder  
Seat Under Tray  

Pilihan Warna Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Pilihan WarnaDaihatsu RockyToyota Raize
Campagno Redadaada
Turquoise MMada
Classic Silver Metallicadaada
Dark Grey Metallicadaada
Ultra Black Solidadaada
Icy Whiteadaada
Shing Pearl Whiteada
Yellow Metallicadaada
Two Tone Campagno Redadaada
Two Tone Icy Whiteadaada
Turquoise MM Blackada
Yellow Blackada
Total Score911«

Perbandingan Harga Daihatsu Rocky vs Toyota Raize

Untuk harga lengkap Daihatsu Rocky yang selalu up to date kamu bisa cek di sini New update – Harga Daihatsu Rocky PpnBm 0%

baca juga kredit daihatsu rocky

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.